Peta Penyebaran Islam di Indonesia

Peta penyebaran islam di indonesia - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dahulu nusantara (yang saat ini menjadi Bangsa Indonesia) negara yang kaya dan makmur dari segi hasil rempah-rempah. Mayoritas daerahnya terbagi dalam kerajaan-kerajaan. Dan sebagian besar kerajaan tersebut adalah berbasis Hindu dan Budha. Kalaupun ada yang berbasis Islam, itu hanya sebagian kecil yaitu di Aceh, Kerajaan Samudra pasai. Nahh, sebab itulah Nusantara sering dikunjungi oleh pedagang dari luar Nusantara (Manca Negara). Akibat dari aktifitas perdagangan antar bangsa inilah yang menjadikan pengaruh masuknya agama baru di Indonesia. Dari awalnya hanya Kepercayaan dan Hindu serta Budha bertambah agama Islam dari Timur Tengah. Agama Islam di jazirah Arab mulai berkembang pada abad ke 7. Melalui para pedagang inilah, penduduk lokal Indonesia mulai mengenal Islam. 
peta penyebaran islam di indonesia

Sejarah Peta Penyebaran Islam di Indonesia

Seperti yang saya sampaikan di awal, daerah yang pertama memeluk agama islam adalah Kerajaan SAmudra Pasai di Aceh. Di sini menjadi pusat perkembangan dan penyebaran ajaran Islam serta pusat perdagangan. Dari Aceh kemudian para saudagar Islam melanjutkan penyebaran agama  ke arah timur, tepatnya di Malaka. Dipilihnya Malaka karena merupakan tempat yang sangat strategis untuk perdagangan. Di sana adalah jalur laut yang bisa menjangkau komoditi rempah-rempah.
Karena politik dan jatuhnya Malaka ke Portugis maka para saudagar Islam mengalihkan penyebaran Islam ke arah Sumatra barat sampai Sriwijaya.

Penyebaran Islam di Sumatra

Di Sumatra kerajaan yang sedang berkuasa adalah Sriwijaya. Mulailah sedikit-demi sedikit rakyat Sriwijaya memeluk Islam. Setelah itu penyebaran Islam berlanjut di pulau Jawa.

Penyebaran Islam di Pulau Jawa

Kerajaan yang sedang menduduki kekuasaan di jawa adalah Majapahit, tetapi pengaruh Islam bermulai di kota-kota pesisir karena pedagang dari timur tengah pasti masuk melalui jalur laut. Kota tersebut antara lain Gresik, Surabaya, Jepara, Demak. Di jawa terkenal sekali tokoh yang mampu membawa ajaran Islam diterima rakyat dengan damai, yaitu Wali Songo. Mereka mampu memadukan budaya lokal dengan disesuiakan dengan hukum Islam, dan hal ini menuai kesuksesan yang luar biasa. Dan juga mereka membidani lahirnya kerajaan Islam di jawa seperti Kesultanan Demak.

Penyebaran Islam di Kalimantan.

Islam masuk melalui kalimantan Barat oleh pedagang dari Sumatra dan Samudra Pasai lalu menyebarlah ke kalimantan bagian selatan, tengah dan timur.

Penyebaran Islam di Sulawesi

Daerah yang pertama kali mengenal ISlam di Sulawesi adalah Gowa. Di sana terdapat kerajaan Gowa yang berbasis Islam. Setelahnya menuju ke Gorontalo dan ke daerah ternate dan tidoere.
Itulah sedikit gambaran peta penyebaran agama Islam di Indonesia. Semoga bisa memberikan wawasan pengetahuan yang baru. Sebagai generasi penerus hendaknya kita patut menggali sejarah perkembangan Indonesia di masa lalu.